Rabu, 26 Oktober 2011

Penyebaran Informasi melalui Jejaring Sosial :

Penyebaran Informasi melaui Jejaring Sosial pada era ini sangatlah pesat. Berbagai berita informasi baik itu pengetahuan, politik, sosial dan budaya, bahkan gaya hidup modern (LifeStyle) hampir semua menggunakan Jejaring Sosial. Masyarakat pada era ini pun sangat antusias dengan adanya Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Koprol, MSN, dsb. Hal ini merupakan sesuatu hal yang positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Telekomunikasi dan Informasi. Masyarakat menginginkan sesuatu yang serba cepat, simpel, dan mudah digunakan, hal ini yang menyebabkan Jejaring Sosial dapat diterima baik oleh semua kalangan masyarakat.

Keberadaan Jejaring Sosial pada saat ini memungkin seseorang dapat berinteraksi satu sama lain dengan lebih mudah, berkirim pesan baik itu tulisan maupun dalam bentuk suara ataupun video, dsb menjadi sangat mudah dilakukan. Tidak perlu lagi kita susah-susah untuk menulis surat dan mengirimnya ke Kantor Pos, cukup duduk manis didepan komputer dengan koneksi Internet semua bisa dilakukan.

Simpel ?, ya memang simpel… Bahkan kini adik, keponakan kitapun sudah memiliki acount Facebook, Twitter, Yahoo Koprol, dsb. Hal lain yang perlu kita perhatikan dalam perkembangan Informasi melalui Jejaring Sosial adalah pornografi, tindak kekerasan di dunia maya dengan adanya video-video yang dapat kita lihat dengan mudah. Ini yang masih meresahkan orang tua dan masyarakat. Tentunya ini memerlukan partisipasi dari semua pihan khususnya Pemerintah, bagimana hal ini dapat dicegah sebaik mungkin.

Berikut salah satu hal kejahatan di Dunia Maya :

“Dengan meningkatnya pengguna internet melakukan aktivitas di Jejaring Sosial, maka meningkat pula serangan para spammer yang berusaha memanfaatkan jalur tersebut dan berusaha mengambil alih informasi pengguna. Berbagai cara dilakukan spammer dalam upaya merebut alih informasi dari jejaring sosial, termasuk penggunaan toolkit berbahaya sebagai penyebaran spam seperti Tinie, Arber, fbexpert, dan NeoApp.
Toolkit dan skrip dilakukan dengan pertukaran melalui jalur forum, bahkan terdapat pula tips dalam penggunaannya agar pengguna dapat dengan mudah dikelabui. Tentu saja bukan secara otomatis seperti fitur 'Like' pada jejaring sosial Facebook, namun seiring dengan perkembangan jaman, toolkit yang digunakan spammer menjadi semakin bervariasi dan canggih.”
( Sumber Google “Penyebaran Informasi melalui Jejaring Sosial “ )
Kelebihan :
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kekurangan :
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.


1 komentar:

  1. Semoga tulisan ini bermanfaat menambah pengetahuan kita.

    BalasHapus