Jumat, 29 Juni 2012

Proposal Penulisan Ilmiah


1.1  Latar Belakang Masalah
Kebutuhan untuk memperoleh data secara tepat dan mudah saat ini dirasakan semakin menjadi kebutuhan pokok dalam segala bidang. Apalagi dengan hadirnya tekhnologi internet yang telah menjadi hal yang familiar dalam kehidupan masyarakat dunia.
Pada kesempatan ini, penulis ingin memanfaatkan media internet untuk merancang sebuah situs tentang perusahaan dagang bahan bangunan, yang diharapkan sebagai media promosi yang efektif dan memberi kemudahan kepada konsumen dalam melakukan transaksi, karena konsumen tidak perlu harus datang ke toko untuk berbelanja, konsumen tinggal memesan melalui website dan pesanan akan dikirimkan. Dengan adanya media website ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi dalam melakukan promosi seperti memasang pamplet, membuat brosur dan iklan di radio maupun tv yang biayanya jauh lebih tinggi.
Berdasarkan hal tersebut penulis bermaksud membuat penulisan ilmiah dengan judul “Pembuatan Web Perusahaan Dagang Bahan Bangunan Dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX”, guna mempermudah dan mengefisiensikan transaksi penjualan bahan bangunan.

1.2  Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini penulis membatasi masalah pada pembuatan website, yaitu sebagai media informasi, profil toko, penjualan online, dimana penjualan bahan bangunan meliputi: Pasir ( pasir beton, pasir urug, pasir putih ), Bata ( bata merah, bata putih ), Semen ( semen holcim, semen gresik, semen tiga roda ) dan Cat ( dulux, mowilex, catylax ).
Serta 5 jenis bahan bangunan lainnya. Sementara sistem pembayaran bisa dilakukan dengan menstansfer melalui bank yang nantinya cara pemesanan akan diberitahukan pada web tersebut. Sedangkan untuk wilayah sekitar toko pembayaran dapat dilakukan dengan sistem cash on delivery (dibayar ketika barang diantarkan).

1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulis dalam penyusunan PI ini adalah :
1.      Menjelaskan cara pembuatan website
2.      Memberikan informasi cara pemesanan dan jenis bahan bangunan yang dijual             kepada konsumen

1.4  Metode Penelitian
Motode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode : Studi pustaka yaitu  pengumpulan data dengan cara membaca dari literatur atau buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian sebagai bahan landasan teori maupun landasan analisis dan Studi lapangan yaitu dalam bentuk observasi atau pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti.
Penulisan Ilmiah ini disusun secara sistematis melalui beberapa tahap, yaitu:
1.      Pengumpulan data/informasi
2.      Perancangan : stuktur navigasi
                          storyboard
                          perancangan tampilan
3.      Pembuatan web
4.      Publikasi web/upload       
5.      Pengujian web


1.5  Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam membahas dan menyajikan penulisan tugas akhir ini, maka penulis memberikan gambaran sistematika penyusunan tugas akhir sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan beberapa pokok persoalan yang terdiri     dari latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, juga sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Penulis menjelaskan teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan    penulisan ilmiah ini dan ruang lingkup tentang internet, Dreamweaver, HTML , storyboard dan struktur navigasi.

BAB III : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis membahas mengenai rancangan yang terdiri dari Analisa Masalah, Struktur Navigasi Website Perusahaan Dagang Bahan Bangunan, Rancangan Tampilan web, tahapan-tahapan dari pembuatan website, serta tentang publikasi Website.

BAB IV : PENUTUP
Pada bab ini merupakan bab penutup dari penulisan ilmiah ini yang berisi   kritik, saran dan daftar pustaka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar