Selasa, 08 Juni 2010

Tanda-Tanda sakit jantung yang sering diremehkan




Pernahkah anda merasa nafas anda berat dan dada tidak merasa nyaman, sementara anda merasa sehat-sehat saja ? Hati-hati, mungkin saja anda mengalami gejala penyakit jantung. Dr.Kenneth Rossenfield, seorang pakar kardiolog dari Massachusetts General Hospital di Amerika Serikat, menyatakan bahwa banyak orang yang merasa dirinya sehat sering meremehkan gejala itu dan menganggapnya hal biasa. Tanda-tanda penyakit jantung atau pembuluh arteri terhambat, sebenarnya sering berbeda-beda untuk tiap orang. Untuk itu setiap orang sebaiknya tahu gejala apa saja yang mengindikasikan penyakit jantung , kerna suatu gejala bisa saja berbeda dari yang lain.

Menurut American Heart Association, National Heart, Lung and Blood Institute dan Mayo clinic, tanda-tanda berikut perlu dicurigai sebagai gejala penyakit jantung.

1. Rasa tidak nyaman pada dada

Ini merupakan gejala yang paling umum, meski tidak semua orang mengalaminya. Rasa sakitnya tidak terlalu berat tetapi rutin dan hilang muncul. Umumnya penderita menduga rasa tidak enak tersebut kerana gangguan pencernaan.

2. Rasa tidak enak pada bagian atas tubuh

Dr.Rossenfield menyatakan bahwa rasa tidak nyaman dibagian pinggang keatas perlu dicurigai sebagai penyakit jantung. Rasa sakit, berat dan tidak nyaman di daerah punggung, leher, lengan, pinggul, bahu, siku, rahang, tenggorokan hingga daun telinga juga berhubungan dengan penyakit jantung. Tapi tentu saja rasa tidak nyaman di daerah itu belum tentu penyakit jantung.

3. Masalah pencernaan

Dr.Mellisa Wood dari Harvard Medical School di Amerika Serikat mengatakan ada hubungan yang sangat erat antara masakah pencernaan dengan jantung. Ketika anda sering mengalami sakit perut dan mual-mual tanpa sebab, bisa jadi itu pertanda ada masalah pada jantung.

4. Gejala flu

Gejala lelah, atau tidak enak badan sering dikaitkan dengan masalah flu. Padahal, menurut Dr.Robert Superko, pengarang buku ‘Before the Heart Attacks’, itu merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang sering kali tidak terdiagnosa.

5. Napas pendek

Napas pendek adalah tanda yang harus dicurigai sebagai penyakit jantung, bahkan jika anda tidak punya gejala sakit dada atau gejala penyakit jantung lainnya. Kenalilah sinyal-sinyal yang disampaikan tubuh anda. Bila anda merasa gejala-gejala diatas berulang, segeralah periksa diri anda ke dokter.

1 komentar:

  1. Bagi sebagain orang sakit dada disebelah kanan boleh dikata sangat mengganggu, temukan penyebab dan cara mengobati sakit dada sebelah kanan di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

    BalasHapus